Barbie Video Girl

Kamera tersebut dapat merekam video selama 30 menit dan dapat ditransfer hasilnya ke komputer. Dikhawatirkan, kamera semacam itu bisa dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk merekam anak-anak secara diam-diam yang tidak seharusnya diunggah ke internet.

Laporan peringatan tersebut dikeluarkan oleh kantor lapangan FBI di Sacramento pada 30 November dengan judul “Barbie ‘Video Girl’ a Possible Child Pornography Production Method”. Peringatan tersebut disiarkan oleh media setelah dikirim ke beberapa kantor berita secara tak sengaja oleh FBI. Juru bicara FBI kemudian mengatakan bahwa laporan tersebut ditujukan untuk aparat hukum.

“Belum ada peristiwa pengalahgunaan boneka ini seperti yang dikhawatirkan sejauh ini,” kata jurubicara FBI yang berpusat di Washington Jenny Shearer. “Untuk tujuan klarifikasi, maksud dari peringatan itu ialah untuk memastikan lembaga pelaksana hukum mengetahui boneka tersebut, yang seperti perlengkapan lain yang mampu membuat rekaman, dapat berisi bukti dan tak mengabaikan barang semacam itu selama pemeriksaan,” katanya.

Barbie Video Girl
Barbie Video Girl

Koleksi boneka Barbie ‘Video Girl Doll’, yang dibuat oleh Mattel Inc. pertama kali dijual pada Juli 2010 lalu. Boneka tersebut berisi satu kamera-video kecil di dadanya, yang disembunyikan di dalam badannya dan tampak seolah sebagai mata kalung.Gambar dari kamera itu dapat dilihat di layar LCD di belakang boneka tersebut dan rekamannya dipindah ke komputer.

“FBI bukan melaporkan sesuatu telah terjadi. Steve Dupre dari kantor lapangan FBI Scaramento telah mengkonfirmasi belum ada kejadian boneka ini digunakan selain daripada yang dimaksudkan,” kata Mattel di dalam satu pernyataan yang dikirim kepada Reuters. “Produk Mattel dirancang bersama anak-anak dengan selalu mengingat kepentingan mereka. Banyak pegawai Mattel adalah orang-tua dan kami mengerti pentingnya keselamatan anak-anak-itu prioritas nomor satu kami,” lanjut Mattel.
Menurut jejaring Mattel, boneka yang dijual dengan harga 49,99 dollar AS itu telah dinominasikan untuk Toy of the Year 2011. Mattel mempromosikan bonek atersbeut dapat merekam semua dari pandangan mata boneka dan kemudian saksikan hasilnya seketika atau unggah ke komputer anda. Ada layar LCD di punggung boneka Barbie, dan satu lensa kamera yang disembunyikan secara apik di kalungnya.